Tampubolon, Panusunan (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GROUP TOURNAMENT) DI SMA NEGERI 4 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188710053 Judul.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2. 081188710053 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
3. 081188710053 Abstrak.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. 081188710053 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. 081188710053 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. 081188710053 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. 081188710053 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. 081188710053 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. 081188710053 Bab V.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
10. 081188710053 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan strategi kooperatif TGT; (2) Peningkatan pemahaman matematik siswa kelas dengan penerapan strategi kooperatif TGT; (3) Kadar aktivitas aktif siswa selama penerapan strategi kooperatif TGT; (4) Tingkat kemampuan guru dalam mengelola penerapan strategi kooperatif TGT; dan (5) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman matematika siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2011/2012, dan objeknya adalah penerapan strategi kooperatif TGT. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemahaman, (2) tes kemampuan pemecahan masalah, (3) tes diagnostik dan (3) lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0.878 dan 0.968 berturut-turut untuk kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa.Penelitian terdiri 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil tindakan siklus I dan siklus II: 1) hasil tes pemahaman matematika siklus I nilai rata-rata 66.1 dan secara klasikal kategori baik. Siklus II nilai rata-rata adalah 82,14 dan secara klasikal kategori; 2) hasil tes pemecahan masalah siklus I nilai rata-rata adalah 65.6 secara klasikal siswa kategori baik. Siklus II nilai rata-rata adalah 80.71 secara klasikal kategori baik; 3) hasil observasi aktivitas siswa siklus I terdapat 5 dari 9 kategori aktivitas aktif siswa memenuhi batas toleransi waktu, siklus II semua kategori pengamatan telah berada apada batas toleransi waktu; 4) hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran siklus I rata-rata 3.60 dengan kategori cukup baik, siklus II berkategori baik dengan nilai rata-rata 4,42.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan strategi kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa dan dapat meningkatakan kemampuan pemecahan masalah. Peneliti menyarankanbahwa strategi kooperatif tipe TGT menjadi alternatif di kelas yang dapat meningkatkan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa serta aktivitas belajar siswa, dan perangkat pembelajaran, intrumen penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Tam u |
Keywords: | Pemecahan masalah; Strategi kooperatif; Guru; Teams Group Tournament; Pemahaman matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 19:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4179 |