Nasution, Yusraini (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SERTA KARAKTER MENGHARGAI PRESTASI SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116142022 Judul.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
2. 8116142022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3. 8116142022 Abstrak.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. 8116142022 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. 8116142022 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 8116142022 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. 8116142022 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8116142022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 8116142022 Bab I.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
10. 8116142022 Bab V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
11. 8116142022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kimia, karakter rasa ingin tahu, dan karakter menghargai prestasi siswa pada materi asam basa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA di Kota Padangsidimpuan. Populasi penelitian adalah seluruh SMA Negeri di Kota Padangsidimpuan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara sampling purposif. Instrumen penelitian berupa soal pilihan berganda dan instrument test berupa angket untuk mengetahui karakter rasa ingin tahu dan menghargai prestasi siswa. Teknik analisis data menggunakan one way Anava dan uji korelasi dengan SPSS 19 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Uji persyaratan analisis digunakan kolmogorov smirnov untuk uji homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dengan menggunakan media komputer dan pembelajaran project based learning tanpa menggunakan media komputer serta pembelajaran langsung (direct instruction), (2) Terdapat perbedaan karakter rasa ingin tahu siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dengan media komputer dan model pembelajaran project based learning tanpa media komputer serta pembelajaran langsung (direct instruction), (3) Terdapat perbedaan karakter menghargai prestasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dengan media komputer dan model pembelajaran project based learning tanpa media komputer serta pembelajaran langsung (direct instruction), (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter rasa ingin tahu dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dengan menggunakan media komputer dan model pembelajaran project based learning tanpa media komputer serta pembelajaran langsung (direct instruction), (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter menghargai prestasi dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dengan menggunakan media komputer dan model pembelajaran project based learning tanpa media komputer serta pembelajaran langsung (direct instruction).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.071 2 Nas p |
Keywords: | Media pembelajaran; Asam basa; Karakter; Komputer; Prestasi; Project based learning; Rasa ingin tahu |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 19:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4178 |