Rusmaliyah (2020) Analisis Kemampuan Literasi Anak Usia 5 - 6 Tahun Melalui Pembelajaran Daring TK Negeri Pembina 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8176182045 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2 NIM. 8176182045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
3 NIM. 8176182045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4 NIM. 8176182045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5 NIM. 8176182045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6 NIM. 8176182045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7 NIM. 8176182045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
8 NIM. 8176182045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
9 NIM. 8176182045 BAB I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
13 NIM. 8176182045 BAB V.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
14 NIM. 8176182045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
Abstract
Literasi adalah kemampuan berbahasa seseorang yang mencakup kemampuan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis yang digunakan untuk berkomunikasi dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan tujuannya. Banyaknya permasalahan dalam literasi diakibatkan kurangnya pembiasaan yang dilakukan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan literasi anak di TK Negeri Pembina 1 Medan kelas B pada Usia 5-6 tahun berjumlah 15 anak melalui pembelajaran daring di masa pandemik sekarang ini. Penelitan ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yakni anak di TK Negeri Pembina 1 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif, yang mencakup tiga jalur yaitu; reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh yaitu, kemampuan menyimak rata-rata anak berada dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan jumlah rata-rata 58. Kemampuan membaca berada pada kategori mulai berkembang (MB) dengan jumlah rata-rata 23. Untuk kemampuan berbicara berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan jumlah rata-rata 31, sedangkan untuk kemampuan menulis berada dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan jumlah rata-rata 37. Dari analisis tentang kemampuan literasi anak di TK Negeri Pembina 1 Medan yang masih perlu dikembangkan lagi yaitu kemampuan membaca anak yang dikategorikan mulai berkembang. Apabila seorang anak sudah dapat membaca dengan baik maka kemampuan literasi lainnya seperti berbicara, menulis dan menyimak juga semakin baik lagi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Rus a |
Keywords: | Anak usia 5 - 6 tahun; Literasi, Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 04:37 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41742 |