Susanty, Desi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V SD Negeri 112320 Aek Kota Batu. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182011 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 8166182011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. NIM. 8166182011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. NIM. 8166182011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. NIM. 8166182011 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM. 8166182011 TABELS.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM. 8166182011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 8166182011 LIST OF CHARTS.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. NIM. 8166182011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
10. NIM. 8166182011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
14. NIM. 8166182011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
15. NIM. 8166182011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menulis puisi bebas antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran sinektik dibandingkan dengan model pembelajaran reciprocal; (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menulis puisi bebas antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dibandingkan dengan minat belajar rendah; dan (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menulis puisi bebas. Penelitian ini dilaksanakan SDN 112320 Aek Kota Batu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain eksperimen 2x2. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model sinektik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan berpikir siswa yang diajar dengan model reciprocal (Fhitung = 11,664 dan sig. 0,001 < 0,05); (2) Rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang memiliki minat belajar rendah (Fhitung = 12,165 dan nilai sig. 0,001 < 0,05); dan (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa (Fhitung = 7,054 dan nilai sig. 0,011 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.623 Sus p |
Keywords: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menulis puisi bebas antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran sinektik dibandingkan dengan model pembelajaran reciprocal; (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menulis puisi bebas antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dibandingkan dengan minat belajar rendah; dan (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menulis puisi bebas. Penelitian ini dilaksanakan SDN 112320 Aek Kota Batu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain eksperimen 2x2. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model sinektik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan berpikir siswa yang diajar dengan model reciprocal (Fhitung = 11,664 dan sig. 0,001 < 0,05); (2) Rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang memiliki minat belajar rendah (Fhitung = 12,165 dan nilai sig. 0,001 < 0,05); dan (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa (Fhitung = 7,054 dan nilai sig. 0,011 < 0,05). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 04:24 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41740 |