Wahab, Widda Syafira Abd. (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V SD Angkasa 2 Lanud Soewondo Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156181036 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM 8156181036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM 8156181036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. NIM 8156181036 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
5. NIM 8156181036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM 8156181036 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM 8156181036 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM 8156181036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8156181036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
14. NIM 8156181036 REFFERENCES.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perangkat pembelajaran yang belum memenuhi kriteria keefektifan di SD Angkasa 2 Lanud Soewondo Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik; 2) keefektifan perangkat pembelajaran berbasis pendekata matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 3) kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Angkasa 2 Lanud Soewondo Medan, dengan jumlah 41 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, buku ajar, lembar aktivitas siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, nilai rata-rata pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis pada uji coba I sebesar 45,00 meningkat menjadi 95,24 pada uji coba II; 2) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, efektivitas ditinjau dari: a) persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang mencapai 95,24%; b) ketercapaian persentase waktu ideal aktivitas siswa untuk setiap kategori; dan c) rata-rata nilai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 4,8, termasuk kategori baik; 3) kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa terhadap tahapan pemecahan masalah matematis yaitu memeriksa kembali jawaban. Selanjutnya disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik sebagai alternatif pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Wah p |
Keywords: | Pendekatan matematika realistik; kemampuan pemecahan masalah matematis; model pengembangan 4-D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 03:35 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41732 |