Harahap, Rasyid Ridho (2021) Efektivitas Penggunaan Modul Sebagai Sumber Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5161122014 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 5161122014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
3. NIM. 5161122014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4. NIM. 5161122014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM. 5161122014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 5161122014 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 5161122014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 5161122014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
12. NIM. 5161122014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
13. NIM. 5161122014 BIBLIGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan efektivitas
penggunaan modul sebagai sumber belajar pekerjaan dasar teknik mesin di SMK
N 1 Percut Sei Tuan.Serta untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung
dan menghambat efektivitas pembelajaran menggunakan modul sebagai sumber
belajar pekerjaan dasar teknik mesin di SMK N 1 Percut Sei Tuan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik
pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini dijadikan 7 orang narasumber
yakni kepala sekolah, guru dan Siswa kelas X dan XI mata pelajaran pekerjaan
dasar teknik mesin, dengan teknik sampling purposive yaitu teknik pengambilan
sumber data dengan pertimbangan tertentu, dimana peneliti ingin melihat
bagaimana implementasi pemebelajaran dengan menggunakan modul secara
mendalam berdasarkan situasi/keadaan yang ada. Analisis data menggunakan
teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan langkah reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Efektivitas pembelajaran
menggunakan modul sebagai sumber belajar dapat dikategorikan “efektif” yaitu
dengan persentase sebesar 85 %. Hal ini dapat dilihat dari plaksanaan
pembelajaran meliputi beberapa langkah-langkah seperti: persiapan bahan ajar,
memberikan latihan soal/tugas dan mengevaluasi hasil dari pembelajaran. (2)
Faktor internal dan eksternal yang mendukung dalam pembelajaran menggunakan
media modul. Faktor internal meliputi: faktor persiapan mental, faktor kesesuaian
tugas pembelajaran, faktor tanggungjawab tugas pembelajaran, faktor penguasaan
bahan ajar, faktor kondisi fisik pengajar, faktor motivasi pengajar dalam bekerja.
Sedangkan untuk faktor eksternal meliputi: faktor lingkungan alam/keadaan alam,
faktor keluarga, faktor pergaulan, faktor lingkungan masyarakat, faktor
lingkungan sekolah. (3) Faktor internal dan eksternal yang menghambat pada
pelaksanaan pembelajaran menggunakan media modul. Faktor internal meliputi:
kurang meratanya siswa didik dalam kemampuan menerima serta memahami
pelajaran yang disampaikan oleh guru, masih ada guru yang mengajar tidak sesuai
dengan latar belakang pendidikannya, kurangnya tenaga pengajar/guru pada saat
pembelajaran berlangsung sehingga masih ada guru yang mengajar lebih dari satu
kelas. Sedangkan untuk faktor eksternal, keterbatasan dalam segi biaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas Pembelajaran; Modul; Sumber Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 07:48 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41699 |