Atikah, Puti Mutia (2021) Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4161111058 COVER.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
2. NIM. 4161111058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4161111058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
4. NIM. 4161111058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM. 4161111058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
6. NIM. 4161111058 TABLES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. NIM. 4161111058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 4161111058 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM. 4161111058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (995kB) | Preview
13. NIM. 4161111058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
14. NIM. 4161111058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, kepraktisan dan respon siswa terhadap instumen tes berbasis pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan persamaan garis lurus di kelas VIII SMP/MTs dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan pada pokok bahasan persamaan garis lurus. Instrumen yang dikembangkan berbentuk soal uraian sebanyak 4 butir soal. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan yang menggunakan tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan instrumen tes berbasis pendekatan matematika realistik yang berkualitas dari aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, kepraktisan dan respon siswa. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata penilaian instrumen tes oleh ahli sebesar 92% dengan kategori sangat valid dan validitas butir tes dengan setiap butir dinyatakan “valid” karena thitung ≥ttabel. Reliabilitas butir tes instrumen yang dikembangkan memiliki reliabilitas “Tinggi” sebesar 0,69. Instrumen yang dikembangkan memiliki indeks kesukaran “Sedang” yaitu berada pada interval 0,30 <
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Instrumen Tes; Pendekatan Matematika Realistik; Pemecahan Masalah Matematis; ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 07:47 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41696 |