Aruan, Nurubah (2020) PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 4151111065 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. 4151111065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
3. 4151111065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. 4151111065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
5. 4151111065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. 4151111065 ILLUSSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 4151111065 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. 4151111065 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
9. 4151111065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
13. 4151111065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. 4151111065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran matematika melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dikelas VIII-F SMP Negeri 3 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F SMP 3 Negeri Medan yang berjumlah 31 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, Dalam peneliti ini digunakan alat pengumpulan data, yaitu tes kemampuan penalaran matematis siswa dan lembar observasi pembelajran pada guru dan lembar observasi pada siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII-F SMP Negeri 3 Medan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaknakan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas siklus I yaitu 59,88 menjadi 77,02 pada siklus II. Selain itu peningkatan juga terjadi pada ketuntasan klasikal siklus I 51,61% menjadi 87,1% pada siklus II. Maka disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penalaran Matematis; Pendidikan Matematika Realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 07:47 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41693 |