PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2019/2020

Silvia, Ade (2019) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 4153141001 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
01. NIM 4153141001 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 4153141001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 4153141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (862kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 4153141001 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
03. NIM 4153141001 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (837kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 4153141001 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
04. NIM 4153141001 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (920kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 4153141001 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
05. NIM 4153141001 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 4153141001 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
06. NIM 4153141001 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 4153141001 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
07. NIM 4153141001 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 4153141001 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
08. NIM 4153141001 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 4153141001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 4153141001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153141001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4153141001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153141001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Sains Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi Virus. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Ahli Desain, Guru bidang studi Biologi dan siswa kelas X-MIA-3 SMA Negeri 14 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar penilaian validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, penilaian guru dan tanggapan/respon siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Perancangan LKPD berbasis STEM dilakukan dengan menggunakan model pengembangan instruksional ADDIE yaitu melalui tahap Analysis, Development, Implementation, dan Evaluation karena pada model ini setiap tahap dilakukan revisi hingga didapatkan produk LKPD yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan LKPD berbasis STEM berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase rata-rata 87,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 92,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli desain diperoleh persentase rata-rata 78,7% dengan kriteria layak. Penilaian Guru bidang studi Biologi diperoleh persentase rata-rata 97,3% dengan kategori penilaian sangat layak, sedangkan hasil tanggapan/respon dari peserta didik diperoleh persentase rata-rata 95,8% dengan kriteria penilaian baik. Hasil dari penggunaan LKPD Berbasis Pendekatan STEM yang dirancang dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains diperoleh skor rata-rata 81,7 dengan jumlah persentase ketuntasan sebesar 85,2% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 29 orang. LKPD Berbasis STEM pada materi Virus yang telah dirancang memperoleh kriteria penilaian”Sangat Tinggi” dan telah memenuhi persyaratan efektif digunakan dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains serta layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi pada materi virus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 31 Mar 2021 07:42
Last Modified: 31 Mar 2021 07:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41688

Actions (login required)

View Item
View Item