Silvia, Ade (2019) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4153141001 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
02. NIM 4153141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (862kB) | Preview
03. NIM 4153141001 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
04. NIM 4153141001 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (920kB) | Preview
05. NIM 4153141001 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
06. NIM 4153141001 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
07. NIM 4153141001 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
08. NIM 4153141001 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
09. NIM 4153141001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 4153141001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (730kB) | Preview
14. NIM 4153141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Sains Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi Virus. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Ahli Desain, Guru bidang studi Biologi dan siswa kelas X-MIA-3 SMA Negeri 14 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar penilaian validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, penilaian guru dan tanggapan/respon siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Perancangan LKPD berbasis STEM dilakukan dengan menggunakan model pengembangan instruksional ADDIE yaitu melalui tahap Analysis, Development, Implementation, dan Evaluation karena pada model ini setiap tahap dilakukan revisi hingga didapatkan produk LKPD yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan LKPD berbasis STEM berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase rata-rata 87,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 92,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli desain diperoleh persentase rata-rata 78,7% dengan kriteria layak. Penilaian Guru bidang studi Biologi diperoleh persentase rata-rata 97,3% dengan kategori penilaian sangat layak, sedangkan hasil tanggapan/respon dari peserta didik diperoleh persentase rata-rata 95,8% dengan kriteria penilaian baik. Hasil dari penggunaan LKPD Berbasis Pendekatan STEM yang dirancang dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains diperoleh skor rata-rata 81,7 dengan jumlah persentase ketuntasan sebesar 85,2% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 29 orang. LKPD Berbasis STEM pada materi Virus yang telah dirancang memperoleh kriteria penilaian”Sangat Tinggi” dan telah memenuhi persyaratan efektif digunakan dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains serta layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi pada materi virus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 07:42 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41688 |