Br Sinaga, Septika Shania Monary (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI LESSON STUDY DENGAN ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163131028 COVER.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
2. NIM. 4163131028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
3. NIM. 4163131028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
4. NIM. 4163131028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (737kB) | Preview
5. NIM. 4163131028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (911kB) | Preview
6. NIM. 4163131028 TABLES.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
7. NIM. 4163131028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
8. NIM. 4163131028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
9. NIM. 4163131028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 4163131028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
14. NIM. 4163131028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berorientasi lesson study dengan animasi lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Direct Instruction (DI) pada materi laju reaksi dan untuk mengetahui aspek kemampuan berpikir kritis mana yang terkembangkan melalui model Inkuiri Terbimbing berorientasi lesson study dengan animasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 20 soal dengan reliabilitas 0,863. Berdasarkan hasil uji statistika parametrik, data hasil pretest, posttest, dan gain ternormalisasi (N-gain) berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis yaitu uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 3,5561 > 1,671, yang berarti ha diterima dan ho ditolak. Dengan demikian Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi lesson study dengan menggunakan media animasi (68,54%) lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Direct Instruction (DI) (55,03%) pada materi laju reaksi. Aspek kemampuan berpikir kritis yang paling terkembangkan yang dibelajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing berorientasi lesson study dengan menggunakan media animasi yaitu indikator pertama menjawab pertanyaan dengan persentase sebesar 89,28%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Lesson Study, Media Animasi, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 03:57 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41682 |