PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI LESSON STUDY DENGAN ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA LAJU REAKSI

Br Sinaga, Septika Shania Monary (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI LESSON STUDY DENGAN ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163131028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163131028 COVER.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163131028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163131028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163131028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163131028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163131028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163131028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (737kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163131028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163131028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (911kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4163131028 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4163131028 TABLES.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4163131028 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4163131028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4163131028 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4163131028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4163131028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4163131028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4163131028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4163131028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163131028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163131028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berorientasi lesson study dengan animasi lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Direct Instruction (DI) pada materi laju reaksi dan untuk mengetahui aspek kemampuan berpikir kritis mana yang terkembangkan melalui model Inkuiri Terbimbing berorientasi lesson study dengan animasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 20 soal dengan reliabilitas 0,863. Berdasarkan hasil uji statistika parametrik, data hasil pretest, posttest, dan gain ternormalisasi (N-gain) berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis yaitu uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 3,5561 > 1,671, yang berarti ha diterima dan ho ditolak. Dengan demikian Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi lesson study dengan menggunakan media animasi (68,54%) lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Direct Instruction (DI) (55,03%) pada materi laju reaksi. Aspek kemampuan berpikir kritis yang paling terkembangkan yang dibelajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing berorientasi lesson study dengan menggunakan media animasi yaitu indikator pertama menjawab pertanyaan dengan persentase sebesar 89,28%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Inkuiri Terbimbing, Lesson Study, Media Animasi, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Laju Reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:57
Last Modified: 31 Mar 2021 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41682

Actions (login required)

View Item
View Item