LIMBONG, RIDWAN (2020) PENGARUH MINAT BACA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 17 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7153143027 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 7153143027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3. NIM. 7153143027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 7153143027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM. 7153143027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
6. NIM. 7153143027 TABLES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM. 7153143027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7153143027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7153143027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13. NIM. 7153143027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 7153143027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 17 Medan, 2. Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar prakarya dan kewirausahaan siwa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan, 3. Pengaruh minat baca dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan minat baca terhadap prestasi belajar prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan dengan nilai hitung thitung > ttabel (2,967 > 1,675) dan taraf signifikan penelitian < dari signifikan α 0,05 yaitu (0,03 ≤ 0,05) maka hipotesis 1 diterima. 2) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan dengan nilai thitung > ttabel (5,888 > 1,675) dan taraf signifikan penelitian < dari signifikan α 0,05 yaitu (0,01 ≤ 0,05) maka hipotesis 2 diterima. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan minat baca dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan dengan fhitung > ftabel (19,286 > 3,13) dan taraf signifikan penelitian < dari signifikan α 0,05 (0,00 ≤ 0,05) maka disimpulkan hipotesis 3 diterima.
Untuk uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,555 (55,5%) sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 55,5% dan lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara minat baca dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Baca, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 07:46 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41676 |