Br. Hutapea, Felia Mutiara (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN SIKAP SOSIAL SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163131013 COVER.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
2. NIM 4163131013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (858kB) | Preview
3. NIM. 4163131013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
4. NIM. 4163131013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (797kB) | Preview
5. NIM. 4163131013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 4163131013 TABLES.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
7. NIM. 4163131013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
8. NIM. 4163131013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
9. NIM. 4163131013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 4163131013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
14. NIM. 4163131013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan sikap sosial siswa yang diberikan perlakuan berbeda dalam pembelajaran materi ikatan kimia. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Lubuk Pakam pada bulan oktober sampai dengan november 2019. Total sampel sebanyak
44 orang, kelas eksperimen I 24 orang dan kelas eksperimen II 20 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan memperhatikan kehomogenan nilai pre-test dan hasil data observasi. Kelas eksperimen I dibelajarkan dengan model Problem Based Learning melalui pendekatan saintifik menggunakan media kartu berpasangan dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan model Problem Based Learning melalui pendekatan saintifik menggunakan media buku. Prasyarat analisis data terlebih dahulu dilakukan untuk mengetahui normalitas dan homogenitas dari data penelitian yang diperoleh. Setelah itu, data kemudian diolah dan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning melalui pendekatan saintifik menggunakan media kartu berpasangan lebih tinggi dari model Problem Based Learning melalui pendekatan saintifik menggunakan media buku pada materi ikatan kimia. Hasil uji statistik untuk data post-test menggunakan uji t-pihak kanan menunjukkan thit berada pada daerah kritis. Maka Ho ditolak atau menerima Ha. Kemudian untuk sikap sosial, hasil uji menggunakan uji t-pihak kanan juga menunjukkan thit berada pada daerah kritis, maka Ho ditolak atau menerima Ha yang berarti sikap sosial siswa yang dibelajarkan model Problem Based Learning melalui pendekatan saintifik menggunakan media kartu berpasangan lebih tinggi dari model Problem Based Learning melalui pendekatan saintifik menggunakan media buku pada materi ikatan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning(PBL), Pendekatan Saintifik, Kartu Berpasangan, Hasil belajar, Sikap Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 07:55 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41651 |