Darwis, Muhammad (2013) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW II, STAD DENGAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN MAHASISWA MENGEMUKAKAN PENDAPAT, DAN MENJAWAB PERTANYAAN ANALISIS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 809735010 Judul.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. 809735010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. 809735010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. 809735010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. 809735010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. 809735010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. 809735010 Bab I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) pada mahasiswa semester 4 Tahun Pembelajaran 2012/2013, bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw II, STAD, dan konvensional; (2) terdapat perbedaan kemampuan mahasiswa menjawab pertanyaan analisis yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw II STAD, dan konvensional; dan (3) terdapat perbedaan kemampuan mahasiswa dalam mengemukakan pendapat yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw II, STAD, dan konvensional pada materi struktur dan perkembangan tumbuhan. Sampel penelitian ini seluruh populasi penelitian yang berjumlah 104 mahasiswa pada 3 kelas. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar mahasiswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 30 soal, tes kemampuan mahasiswa menjawab pertanyaan analisis berjumlah 12 soal, dan lembar observasi kemampuan mahasiswa dalam mengemukakan pendapat yang berjumlah 5 pernyataan. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan analisis varians (anava) pada taraf signifikansi = 0,05. Karena terdapat interaksi antar variabel maka analisis dilanjutkan dengan uji Tukey Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif jigsaw II, kooperatif STAD dan konvensional (F = 4,353; Sig. = 0,015); (2) terdapat perbedaan kemampuan mahasiswa menjawab pertanyaan analisis yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif jigsaw II, kooperatif STAD dan konvensional (F = 6,595; Sig. = 0,002); dan (3) terdapat perbedaan kemampuan mahasiswa dalam mengemukakan pendapat yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif jigsaw II, kooperatif STAD dan konvensional (F = 4,668; Sig. = 0,012) pada materi struktur dan perkembangan tumbuhan di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa model pembelajaran kooperatif baik itu Jigsaw II dan STAD merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa serta menjawab pertanyaan analisis pada materi struktur dan perkembangan tumbuhan. Dengan pembelajaran kooperatif (Jigsaw II dan STAD) dapat membantu mahasiswa menguasai suatu konsep, memecahkan suatu masalah melalui suatu proses yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berpikir, percaya kepada diri sendiri dan berani mengemukakan pendapatnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 580.071 1 Dar p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Kooperatif jigsaw II; Pembelajaran konvensional; Mengemukakan pendapat Pertanyaan analisis; Tumbuhan |
Subjects: | Q Science > QK Botany |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 22:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4164 |