Handoko, Ajeng Ayu Puspita (2020) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN PANGKAS RAMBUT DASAR (SOLID)DI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153144001 COVER.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
2. NIM. 5153144001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5153144001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
4. NIM. 5153144001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 5153144001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
6. NIM. 5153144001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
7. NIM. 5153144001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. NIM. 5153144001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (833kB) | Preview
9. NIM. 5153144001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 5153144001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
14. NIM. 5153144001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (737kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Tata Kecantikan dengan menerapkan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran Pangkas Rambut Dasar, materi Pemangkasan Rambut Solid Diagonal Kebelakang.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar, lembar observasi aktifitas guru dan siswa. Tes dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 32 soal yang valid dan digunakan secara Pre-tes dan Pos-tes. Adapun lembar observasi bertujuan untuk melihat aktivitas guru mengajar dan aktifitas siswa dalam penelitian ini.
Hasil belajar siswa diperoleh dari tes yang diperoleh dari tes yang dilakukan tiap akhir siklus. Sedangkan aktifitas siswa diperoleh dengan melakukan pengamatan yang dilakukan observer. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretes adalah 55,31 ketuntasan secara klasikal sebesar 6,67%. Rata-rata nilai rata-rata pada postes sebesar 81,56 serta ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83,33%. Sedangkan keaktifan siswa sebesar 70,70 kategori baik dan aktifitas mengajar guru sebesar 86,66 berada pada kategori sangat baik. Dilihat dari indikator keberhasilan hasil belajar, siklus 1 sudah berhasil dan tidak perlu diperbaiki pada siklus II sehingga tindakan untuk siklus II tidak perlu dilakukan lagi. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar Pangkas Rambut Dasar(Solid) siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran interaktif berbasis android, Penelitian Tindakan Kelas, Pangkas Rambut Dasa(Solid) |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3625 Food. Drugs. Cosmetics L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 03:58 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41638 |