Sembiring, Lona Florentina Br. (2020) Pengaruh Kemamampuan Berpikir Kritis dan Penggunaan Internet terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Deli Tua Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163141020 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM 7163141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
3. NIM 7163141020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
4. NIM. 7163141020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM 7163141020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
6. NIM 7163141020 TABLES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7. NIM 7163141020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM 7163141020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM 7163141020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (680kB) | Preview
13. NIM 7163141020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
14. NIM 7163141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajarsiswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1Deli Tua Tahun Ajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi BelajarSiswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1Deli Tua Tahun Ajaran 2020/2021, (2) Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Prestasi BelajarSiswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1Deli Tua Tahun Ajaran 2020/2021, (3) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penggunaan Internet terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1Deli Tua Tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulandata menggunakan instrumen angket dan observasi terhadap 96 responden.Sebelum dilakukannya penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validitas danreliabilitas instrumen penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 9 Medan.Kemudian dilakukan uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda danuntuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan Uji-t dan Uji-F.
Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 36,544 + 0,306X1 + 0,310X2, uji-t pada variabel Kemampuan Berpikir Kritis (X1) diperoleh thitung>ttabel (5,637 > 1,661), dan variabel Penggunaan Internet(X2)diperoleh thitung>ttabel (5,668 > 1,661). Sedangkan uji-F menghasilkan nilaiFhitung>Ftabel (42,811 > 3,09). Selanjutnya dari koefisien determinasi (R2) diperolehR square sebesar 0,479 yang berarti Kemampuan Berpikir Kritis, dan Penggunaan Internetberkontribusi sebesar 47,9% terhadap Prestasi BelajarSiswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1Deli Tua Tahun Ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian juga diperolehbahwa variabel penggunaan internet (X2) merupakan variabel yang palingmempengaruhi Prestasi BelajarSiswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1Deli Tua Tahun Ajaran 2020/2021, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitungdan nilai koefisien yang lebih besar dari variabel kemampuan berpikir kritis (X1).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Prestasi Belajar; Kemampuan Berpikir Kritis; Penggunaan Internet |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 08:36 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41615 |