ANALISIS SOAL PENDALAMAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII BERDASARKAN KLASIFIKASI LEVEL KOGNITIF

Edriani, Revi (2020) ANALISIS SOAL PENDALAMAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII BERDASARKAN KLASIFIKASI LEVEL KOGNITIF. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2161111035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2161111035 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2161111035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2161111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2161111035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2161111035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2161111035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2161111035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2161111035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2161111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2161111035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2161111035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2161111035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2161111035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2161111035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2161111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis Kompetensi Dasar (KD) dan distribusi soal dalam Buku Pendalaman Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII berdasarkan klasifikasi level kognitif serta jumlah dan persentasenya. Data dalam penelitian ini adalah Kompetensi Dasar (KD) kelas VIII semester II dan soal Buku Pendalaman Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah tabel pedoman penentuan level kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwasannya kompetensi dasar bahasa Indonesia kelas VIII didominasi oleh level kognitif tingkat tinggi (HOTS). Dari 16 KD, terdapat 9 KD
yang termasuk dalam kategori HOTS, 4 KD dengan kategori MOTS, dan 3 KD dengan kategori LOTS. Sedangkan analisis soal Buku Pendalaman Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII menunjukkan bahwasannya soal di dalam buku tersebut belum terdistribusi dengan baik. Untuk soal kategori LOTS sebanyak 14% (12 soal), soal kategori MOTS sebanyak 28% (24 soal), dan soal kategori HOTS sebanyak 58% (49 soal). Soal-soal yang terdapat dalam buku pendalaman buku teks bahasa Indonesia sudah mencakup ranah kognitif C1-C6, dan
didominasi oleh soal kategori HOTS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 IND 165
Keywords: Level kognitif; Analisis butir soal; Lower order thinking skill; Middle order thinking skill; Higher order thinking skill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Mar 2021 05:06
Last Modified: 24 Mar 2021 05:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41606

Actions (login required)

View Item
View Item