Nirmala, Elisa (2013) PENGARUH SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH, KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN MEDAN AREA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116131009 Judul.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. 8116131009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3. 8116131009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. 8116131009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. 8116131009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. 8116131009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. 8116131009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. 8116131009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
9. 8116131009 Bab I.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
10. 8116131009 Bab V.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
11. 8116131009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Guru yang memiliki semangat kerja yang tinggi akan lebih berhasil dibandingkan dengan guru yang tidak memiliki semangat kerja atau kesungguhan dalam tugasnya yang sanggup bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran yang baik. Semangat kerja guru ditunjukkan oleh bagaimana proses berlangsungnya kegiatan untuk mencapai tujuan. Oleh sebab itu sekolah dengan kinerja yang tinggi, senantiasa memperhatikan keberadaan para guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh supervisi pembelajaran kepala sekolah terhadap motivasi kerja; (2) pengaruh kepuasan kerja terhadap motivasi kerja; (3) pengaruh supervisi pembelajaran kepala sekolah terhadap semangat kerja produktif; (4) pengaruh kepuasan kerja terhadap semangat kerja produktif; dan (5) pengaruh motivasi kerja terhadap semangat kerja produktif. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri se-Kecamatan Medan Area dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Metode penelitian bersifat analisis jalur yang bertujuan untuk menguji teori dan memperoleh informasi tentang penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh langsung supervisi pembelajaran kepala sekolah dengan motivasi kerja dinyatakan dengan thitung ρ31 > ttabel α=5% (3,102 > 1,670); (2) terdapat pengaruh langsung kepuasan kerja dengan motivasi kerja dinyatakan dengan thitung ρ32 > ttabel α=5% (3,661 > 1,670); (3) terdapat pengaruh langsung supervisi pembelajaran kepala sekolah dengan semangat kerja produktif dinyatakan dengan thitung ρ41 > ttabel α=5% (1,954 > 1,670); (4) terdapat pengaruh langsung kepuasan kerja dengan semangat kerja produktif dinyatakan dengan thitung ρ42 > ttabel α=5% (1,815 > 1,670); dan (5) terdapat pengaruh langsung motivasi kerja terhadap semangat kerja produktif dinyatakan dengan thitung ρ43 > ttabel α=5% (3,558 > 1,670). Hasil penelitian memberikan gambaran supervisi pembelajaran kepala sekolah, kepuasan kerja, dan motivasi kerja mempengaruhi semangat kerja guru sebesar 35,5%. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan bagi Dinas Pendidikan Kota Medan dalam penentuan kebijakan untuk peningkatan semangat kerja guru dalam melakukan pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Nir p |
Keywords: | Semangat kerja; Kepuasan kerja; Motivasi kerja; Kepala sekolah; Supervisi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 22:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4159 |