Hutagalung, Trisnawaty (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151121070 COVER.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
2. NIM 4151121070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
3. NIM 4151121070 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
4. NIM 4151121070 PREFACE.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
5. NIM 4151121070 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
6. NIM 4151121070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
7. NIM 4151121070 TABLES.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
8. NIM 4151121070 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
9. NIM 4151121070 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 4151121070 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
14. NIM 4151121070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (972kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 14 Medan T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 14 Medan T.P. 2019/2020 yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 234 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa dan 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yakni tes essay yang terdiri dari 8 item dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38,96 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 37,33 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 81,37 dan kelas kontrol 69,95. Hasil aktivitas siswa pertemuan pertama 67,23, pertemuan kedua 80,63, pertemuan ketiga 92,09 maka rata-rata aktivitas siswa 79,98 dengan kategori aktif. Hasil uji t postes diperoleh thitung> ttabel= 5,598 > 1,671 dengan α = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 14 Medan T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kooperatif group investigation, hasil belajar, elastisitas dan hukum hooke |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 08:07 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41588 |