Suhenni, Enni (2013) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SEKECAMATAN TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106132005 Judul.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2. 8106132005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3. 8106132005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. 8106132005 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. 8106132005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. 8106132005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. 8106132005 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8106132005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. 8106132005 Bab I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
10. 8106132005 Bab V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
11. 8106132005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan persepsi guru terhadap profesionalisme guru dengan kinerja guru, (2) hubungan iklim komunikasi dengan kinerja guru, dan (3) persepsi guru terhadap profesionalisme guru dan iklim komunikasi secara bersama-sama dengan kinerja guru.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian korelasional karena melihat hubungan antara variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di MAN Tanjung Pura Kabupaten Langkat yang berjumlah 126 orang. Penetapan sampel pada penelitian ini menggunakan Nomogram Herry King dengan tingkat kesalahan 5%, dan dibantu dengan Tabel Isaac dan Michael, maka besar sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 95 orang. Instrumen pengumpulan data adalah angket untuk persepsi guru terhadap Profesionalisme guru dan Iklim Komunikasi serta lembar observasi untuk kinerja guru. Perhitungan reliabilitas menunjukkan r = 0,884 untuk instrumen persepsi guru terhadap Profesionalisme guru dan r = 0,925 untuk instrumen Iklim Komunikasi serta r = 0,996 untuk instrumen kinerja guru. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi dan korelasi.Temuan Penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara Persepsi guru terhadap Profesionalisme guru dengan kinerja guru ditunjukkan oleh korelasi sebesar 0,711 dengan persamaan garis regresi ; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara Iklim Komunikasi dengan kinerja guru ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,541 dengan persamaan garis regresi ; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi guru terhadap Profesionalisme guru dan Iklim Komunikasi secara bersama-sama dengan kinerja guru, ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda Ry.12 = 0,767 dengan persamaan garis regresi . Koefisien determinasi menunjukan hasil 0,589 hal ini berarti 58,9% variasi yang mempengaruhi kinerja guru dapat dijelaskan oleh persepsi guru terhadap Profesionalisme guru dan Iklim Komunikasi. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, maka guru perlu mempersepsi Profesionalisme guru secara positif sebab Profesionalisme guru pada intinya merupakan bantuan yang diberikan kepada seluruh staf sekolah untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik. Selanjutnya, guru diharapakan mampu mengelola emosinya untuk dapat meningkatkan Iklim Komunikasi yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerjanya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.144 Suh h |
Keywords: | Profesionalisme; Guru; Iklim organisasi; Kinerja guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 17:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4157 |