Maivera, Dinda Dwi (2019) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pictorial Riddle. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151121017 COVER.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
2. NIM 4151121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (770kB) | Preview
3. NIM 4151121017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
4. NIM 4151121017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
5. NIM 4151121017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
6. NIM 4151121017 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
7. NIM 4151121017 TABLES.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
8. NIM 4151121017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
9. NIM 4151121017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 4151121017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
14. NIM 4151121017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (904kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD fisika berbasis pictorial riddle pada materi pokok usaha dan energi yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMAS Darussalam Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli pembelajaran, angket penilaian guru bidang studi fisika, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD fisika berbasis pictorial riddle. Uji efektifitas menggunakan uji N Gain diperoleh dari hasil pre-test dan post-test.
Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 93%, ahli pembelajaran 92 %, penilaian guru fisika sebesar 98% dengan masing-masing presentese tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan sampel 6 orang sebesar 86.06 % termasuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan pada uji coba luas persentase respon peserta didik dengan sampel 30 orang sebesar 88% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji keefektifan dengan nilai n-gain yang diperoleh adalah 0,58 yang diinterpretasikan dalam kategori sedang. Sehingga berdasarkan hasil validasi, penilaian guru fisika dan respon peserta didik dapat disimpulkan LKPD fisika berbasis pictorial riddle pada materi pokok usaha dan energi layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, LKPD, Pictorial Riddle, Usaha dan Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 04:05 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41566 |