Roja, Ela (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF FISIKA BERBASIS INQUIRY PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121022 COVER.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
2. NIM. 4151121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
3. NIM. 4151121022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. NIM. 4151121022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
5. NIM. 4151121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (826kB) | Preview
6. NIM. 4151121022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
7. NIM. 4151121022 TABLES.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
8. NIM. 4151121022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
9. NIM. 4151121022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4151121022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
14. NIM. 4151121022 BIBLYOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (978kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal-soal tes kognitif berbasis inquiry yang memenuhi kualifikasi baik meliputi tingkat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, tingkat daya beda dan standard error measurement (SEM). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan define, design, development, desseminate (4-D), pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap developtment. Prosedur pengembangan produk melalui tahap pendifinisian hingga pengembangan. Tahap pendifinisian dilakukan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas dan analisis tujuan pembelajaran. Prosedur desain yaitu penyusunan tes, dan pemilihan format. Prosedur terakhir yaitu tahap pengembangan terdiri dari penyusunan instrumen, validasi pakar selanjutnya tahap penerapan uji coba produk pada siswa. Instrument yang dikembangkan sebanyak 10 soal dan telah divalidkan oleh validator. Validitas yang diperoleh dari 10 soal untuk uji coba kelompok kecil yaitu kelas XI IPA-8 didapatkan sembilan soal valid dan satu soal tidak valid dan untuk uji coba kelompok terbatas yaitu kelas XI IPA-6 adalah valid untuk semua soal. Untuk nilai reliabilitas yang diperoleh cukup tinggi dengan nilai reliabilitas sebesar 0,75 untuk kelas XI IPA-8 dan untuk kelas XI IPA-6 diperoleh nilai realibilitasnya sebesar 0,77. Untuk nilai indeks kesukaran rata-rata pada kelas XI IPA-8 diperoleh 0,56 dan nilai indeks kesukaran rata-rata pada kelas XI IPA-6 diperoleh 0,57. Selanjutnya nilai daya pembeda rata-rata pada kelas XI IPA-8 diperoleh 0,32 dan nilai daya pembeda rata-rata pada kelas XI IPA-6 diperoleh 0,35.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | instrument, berbasis inquiry , model 4-d |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 03:34 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41559 |