Ampun, Ridoan Anak (2021) Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.5162111005 COVER.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
2.NIM.5162111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3.NIM.5162111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (900kB) | Preview
4. NIM.5162111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5.NIM.5162111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (967kB) | Preview
6.NIM.5162111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
7. ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
8. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
9. NIM.5162111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM.5162111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (965kB) | Preview
14. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (967kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran E-learning memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas XI Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Sampel penelitian ini adalah kelas XI DPIB B sebagai kelas perlakuan model Pembelajaran E-learning berbasis Google Classroom berjumlah 32 siswa dan sebagai kelas perlakuan model Pembelajaran E-learning berbasis Blog adalah kelas XI DPIB A yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen merupakan desain pre-test, pembelajaran dan post-test. Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahan dari 30 butir soal yang diujicobakan diperoleh 22 butir soal yang valid dengan koefisien reabilitas 0,832 termaksud dalam kategori tinggi. Hasil perhitungan ANAVA satu jalur hasil belajar, diperoleh Fhitung=20,30 lebih besar dari Ftabel=3,9. Maka disimpulkan bahwa Model Pembelajaran E-learning memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahan. Kemudian dilanjutkan uji-t, di peroleh harga thitung > ttabel yaitu 2,97 >1,668 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 62. Sehingga diterima Ha dan tolak H0 yang berarti bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran E-learning berbasis Google Classroom lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran E-learning berbasis Blog. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi pihak sekolah dan guru dalam meningkatkan hasil belajar Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-BAN-018 |
Keywords: | Model Pembelajaran; E-learning; Hasil Belajar; PKK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 08:10 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41544 |