Rahayu, Tri (2020) Analisis Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X SMA Kurikulum 2013 Dengan Menggunakan Teknik Fog Indeks Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2163111049 COVER.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
2. NIM. 2163111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 2163111049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
4. NIM. 2163111049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
5. NIM. 2163111049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
6. NIM. 2163111049 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
7. NIM. 2163111049 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
8. NIM. 2163111049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. NIM. 2163111049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (901kB) | Preview
13. NIM. 2163111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (702kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterbacaan wacana buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan menggunakan teknik Fog Indeks. Tingkat keterbacaan wacana tersebut perlu dideskripsikan untuk memperoleh hasil analisis yang jelas tentang masalah tersebut terutama pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas X kurikulum 2013 revisi 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Sempel penelitian ini adalah 8 teks yang berdasarkan satu teks dari setiap bab pada buku pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 tingkat keterbacaannya berada pada skor Fog Indeks 3,68. Berdasarkan skor penilaian tersebut buku pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 termasuk dalam tingkat keterbacaan tinggi atau mudah dipahami oleh siswa. Meskipun terdapat beberapa kalimat yang memiliki tingkat keterbacaan rendah atau sukar dimengerti dan beberapa kalimat memiliki tingkat keterbacaan sangat tinggi atau terlalu mudah dipahami. Namun secara keseluruhan dapat disimpulkan buku tersebut layak dan sesuai tingkat keterbacaannya untuk jenjang kelas X SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-IND-090 |
Keywords: | Analisis; Keterbacaan Wacana; Fog Indeks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 07:38 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41540 |