Syafriana, Leli (2013) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU SMKN BISNIS MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106132008 Judul.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. 8106132008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
3. 8106132008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. 8106132008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. 8106132008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. 8106132008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 8106132008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8106132008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 8106132008 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8106132008 Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. 8106132008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan persepsi guru terhadap supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) hubungan motivasi berprestasi guru dengan kinerja guru (3) hubungan antara persepsi guru terhadap dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kinerja guru. Populasi penelitian adalah guru-guru pada SMKN 1, SMKN 6, dan SMKN 7 sebanyak 160 orang. Sampel penelitian sejumlah 68 orang yang diambil dengan menggunakan Stratifed Proporsional Random Sampling dengan rumus Cochran. Metode penelitian adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional. Instrumen pengumpulan untuk semua variabel menggunakan angket. Sebelum instrumen penelitian dipakai untuk mengumpulkan data penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk perhitungan uji validitas angket digunakan rumus product momen, dan untuk uji reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, digunakan teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil dari penelitian ini disajikan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru terhadap supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi ry1 = 0.52 dan. sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel persepsi guru terhadap supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 22.86%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi ry2 = 0.64 dan sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel motivasi berprestasi terhadap kinerja guru adalah sebesar 34.67% dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru terhadap supervisi kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi R = 0.76 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.577. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan dalam penelitian ini: Guru hendaknya terus meningkatkan kinerjanya dalam mengajar dengan cara meningkatkan keingintahuannya mengenai informasi pendidikan dan pembelajaran yang terbaru dan yang efektif tentunya, guru disarankan untuk memiliki perasaan senang untuk disupervisi dan disarankan untuk lebih terbuka terhadap saran dan kritik membangun dari kepala sekolah dan Kepala sekolah juga perlu menggali informasi segala sesuatu mengenai pendidikan dari berbagai sumber sehingga dapat dibagi kepada guru khususnya dalam kegiatan supervisi sehingga guru merasa antusias jika disupervisi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sya h |
Keywords: | Motivasi berprestasi; Kepala sekolah; Kinerja guru; Supervisi akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 18:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4148 |