Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Penerapan Pembelajaran Matematik Realistik Di Kelas V SD Markus Medan TP. 2018/2019

Sinaga, Deby Yuliana (2020) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Penerapan Pembelajaran Matematik Realistik Di Kelas V SD Markus Medan TP. 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 8166181003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166181003 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166181003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166181003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166181003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166181003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166181003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166181003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166181003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166181003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166181003 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166181003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166181003 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166181003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166181003 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166181003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166181003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166181003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (773kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166181003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166181003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166181003 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166181003 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dan untuk mengetahui kesulitan dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran menggunakan
pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap materi pecahan.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Swasta Medan Markus yang berjumlah 40
orang, kemudian subjek dianalisis secara kualitatif dari segi indikator kemampuan (tinggi, sedang dan rendah), aspek kesalahan dan aspek jawaban kosong.
Instrumen penelitian terdiri dari: Tes keterampilan komunikasi matematis dan lembar panduan wawancara. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sebelum menggunakan PMR kemampuan komunikasi matematik siswa masih tergolong rendah yakni sebesar 20% dari keseluruhan siswa. Setelah menggunakan PMR diperoleh data bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pengelompokan kemampuan tinggi dapat dikategorikan baik dengan persentase 50% dari jumlah siswa; (2) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pengelompokan kemampuan sedang dapat dikategorikan baik dengan persentase 33% dari jumlah siswa; dan (3) kemampuan
komunikasi matematis siswa dengan pengelompokan kemampuan rendah dapat dikategorikan kurang baik dengan persentase 17% dari jumlah siswa. Kesulitan dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah komunikasi matematis siswa
dalam penerapan PMR terlihat pada kemampuan siswa subjek rendah. Pada indikator pertama, subjek tidak mampu menjelaskan idea atau situasi dari suatu gambar atau grafik yang dijelaskan dengan kata-kata sendiri dalam bentuk tulisan.
Pada indikator kedua, subjek tidak mampu menjelaskan ide, situasi sehari-hari dan relasi matematika secara tertulis maupun dengan gambar, pada indikator ketiga siswa tidak mampu menyatakan situasi ke dalam model matematika yaitu peserta didik dapat menggambarkan bangun yang sesuai pada permasalahan yaitu bagian luas kebun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis kualitatif; Komunikasi Matematika; Matematika Realistis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 26 Mar 2021 09:29
Last Modified: 26 Mar 2021 09:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41474

Actions (login required)

View Item
View Item