HARIANJA, DONO FIRDAUS (2021) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA JURUSAN IIS SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7163141013 COVER.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
2. NIM.7163141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (815kB) | Preview
3. NIM.7163141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
4. NIM.7163141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
5. NIM.7163141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
6. NIM.7163141013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. NIM.7163141013 TABLES.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
8. NIM.7163141013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7163141013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM.7163141013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
14. NIM. 7163141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi jurusan IIS SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan efikasi diri siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa jurusan IIS SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Parulian 1 Medan yang beralamat di Jalan Stadion/Jati 1 No.23 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IIS yang berjumlah 108 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proportional Random Sampling sebanyak 65 orang siswa. Metode pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2), uji “t” secara parsial dan uj “F” secara simultan.
Hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 70,256+ 0,349X1 + 0, 432 X2 + e. Pengujian parsial berdasarkan uji t diperoleh bahwa masing-masing variabel X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekoomi. Variabel pengelolaan kelas (X1) dengan perhitungan data diperoleh nilai thitung > ttabel (4,015> 1,669) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian variabel efikasi diri siswa diperoleh nilai thitung > ttabel (5,759> 1,669) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Untuk uji F diperoleh hasil bahwa secara simultan variabel X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha dengan nilai Fhitung > Ftabel (8,058 > 3,15) dan nilai signifikannya sebesar 0,001. Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,506 yang berarti sebesar 50,6 % variabel X1 dan X2 memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.
Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima artinya ada pengaruh positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dan efikasi diri siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa jurusan IIS SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengelolaan Kelas, Efikasi Diri Siswa, Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 01:32 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 01:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41458 |