Perbedaan Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa Antara Pendekatan Metakognitif Dan Pendekatan Matematika Realistik di MTS Negeri Balige

Putra, Ady (2021) Perbedaan Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa Antara Pendekatan Metakognitif Dan Pendekatan Matematika Realistik di MTS Negeri Balige. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166172003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166172003 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166172003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166172003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (699kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166172003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166172003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166172003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166172003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166172003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166172003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166172003 LIST O TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166172003 LIST O TABLES.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166172003 LIST O FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166172003 LIST O FIGURES.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166172003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166172003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8166172003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8166172003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166172003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166172003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dan self confidence yang diajarkan dengan pendekatan metakognitif dan pendekatan PMR, serta untuk menganalisis perbedaan peningkatan penalaran matematis siswa dan self confidence ditinjau dari indikatornya. Data diperoleh melalui tes kemampuan penalaran matematis terdiri atas Pre-test dan Post-test siswa serta angket untuk melihat self-confidence siswa. Data dianalisis dengan uji independen T-Test N-Gain Skor. Berdasarkan hasil uji independen T-Test N-Gain Skor kemampuan penalaran matematis siswa diperoleh nilai signifikansi = 0,008 karena taraf sig. lebih kecil dari 0.05, sehinga disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan pendekatan metakognitif dan pendekatan PMR. Selanjutnya untuk self confidence nilai signifikansi = 0,000 karena taraf sig. lebih kecil dari 0.05, maka disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan self confidence siswa dengan pendekatan metakognitif dan pendekatan PMR. Selanjutnya untuk hasil penelitian perbedaan peningkatan penalaran matematis siswa dan self confidence ditinjau dari indikatornya yaitu terdapat perbedaan signifikan peningkatan kemampuan penalaran matematis pada indikator 1 dan indikator 2 yang diajar dengan pendekatan metakognitif lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pendekatan PMR dan untuk indikator 3 dan 4 tidak terdapat perbedaan signifikan peningkatan kemampuan penalaran matematis. Untuk self confidence tidak Terdapat perbedaan signifikan peningkatan kemampuan penalaran matematis pada indikator 1 dan indikator 2 yang diajar dengan pendekatan metakognitif dan siswa yang diajar dengan pendekatan PMR dan terdapat perbedaan signifikan peningkatan self confidence pada indikator 3, indikator 4, dan indikator 5 yang diajar dengan pendekatan metakognitif lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pendekatan PMR.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Put p
Keywords: pendekatan metakognitif; pendekatan PMR; kemampuan penalaran matematis; self-confidence
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:08
Last Modified: 17 May 2021 20:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41443

Actions (login required)

View Item
View Item