Marpaung, Rotua Veronika (2021) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Scientific Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Masters thesis, UNIMED.
1.COVER NIM 8166175019.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2 APPROVAL SHEET NIM 8166175019.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
3 ABSTRAK NIM 8166175019.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. PREFACE NIM 8166175019.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5 TABLE OF CONTENTNIM 8166175019.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6 TABLE NIM 8166175019.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7 ILUSTRATION NIM 8166175019.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. APENDICS NIM 8166175019..pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. CHAPTER I NIM 8166175019..pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
13. CHAPTER V NIM 8166175019..pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
14. BIBLIOGRAPHY NIM 8166175019..pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bahan ajar berbasis scientific inquiry yang dikembangkan dapat meningkatkan respon peserta didik dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Bahan ajar Fisika yang dikembangkan dan tes keterampilan berpikir kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Pematang Siantar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi bahan ajar oleh tim ahli materi dan desain, penilaian guru fisika dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis scientific inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis scientific inquiry telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan bahan ajar berbasis scientific inquiry sebesar 0,53 kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.072 Mar p |
Keywords: | bahan ajar; kurikulum; siswa; berfikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 04:07 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41433 |