Aritonang, Ade Apsari Furqon (2020) Hubungan Antara Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa dengan Hasil belajar Pendekatan Saintifik dan Retensi Siswa Kelas XII MAN Tapanuli Selatan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156173001 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 8156173001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 8156173001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
4. NIM. 8156173001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
5. NIM. 8156173001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
6. NIM. 8156173001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
7. NIM. 8156173001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
8. NIM. 8156173001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
9. NIM. 8156173001 BAB I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
13. NIM. 8156173001 BAB V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
14. NIM. 8156173001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan positif antara (1) kemampuan literasi sains dan hasil belajar biologi siswa (2) sikap ilmiah dan hasil belajar biologi siswa (3) kemampuan literasi sains dengan retensi siswa (4) sikap ilmiah dengan retensi siswa (5) kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah dengan hasil belajar biologi siswa (6) kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah dan retensi siswa kelas XII. Penelitian ini dilakukan di MAN Tapanuli Selatan tahun 2020. Metode penelitian adalah metode penelitian deskriptif korelasional regresi linear dengan sampel penelitian sebanyak 110 siswa yang ditentukan secara total sampling (sampel total). Instrumen penelitian terdiri atas tes kemampuan literasi sains, angket sikap ilmiah siswa, tes hasil belajar dan retensi siswaInstrumen yang digunakan ang telah diuji validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis regresi linear sederhana dan berganda menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat hubungan positif antara (1) Kemampuan literasi sains dan hasil belajar biologi siswa dengan r2=48,6% (2) Sikap ilmiah dan hasil belajar biologi siswa dengan r2=11,6% (3) Kemampuan literasi sains dengan retensi siswa r2=58,7% (4) Sikap ilmiah dengan retensi siswa dengan r2=13,7% (5) Kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah dengan hasil belajar biologi siswa dengan R2=49% (6) Kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah dan retensi siswa R2=59,2% pada kelas XII MIA MAN Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.072 Ari h |
Keywords: | kemampuan literasi sains; sikap ilmiah; hasil belajar; retensi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 03:52 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41430 |