Br Siahaan, Rachel Yoan Katherin Putri (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Public Speaking berbasis Multimodal Digital pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Politeknik Pariwisata Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186192015 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 8186192015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (821kB) | Preview
3. NIM 8186192015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM 8186192015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM 8186192015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
6. NIM 8186192015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7. NIM 8186192015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
8. NIM 8186192015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM 8186192015 BAB I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
13. NIM 8186192015 BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM 8186192015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
Abstract
Media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mutlak ada dalam sebuah proes pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu, pengembangan media pembelajaran public speaking berbasis multimodal digital perlu dilakukan. Terkait dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran public speaking berbasis multimodal digital , (2) menjelaskan kelayakan media pembelajaran public speaking berbasis multimodal digital, dan (3) menjelaskan keefektifan media pembelajaran public speaking berbasis multimodal digital. Penelitian ini berbentuk penelitian pengembangan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia di Politeknik Pariwisata Medan. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang terdiri atas tiga tahap, yakni studi pendahuluan, pengembangan produk awal, dan uji coba produk yang melibatkan 32 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran public speaking berbasis multimodal digital dinyatakan sangat layak oleh semua ahli: ahli materi menilai 93,75%, ahli media menilai 92,50% , ahli desain menilai 90,63%, dan ahli bahasa menilai 94,02%. Dari segi efektivitas, media yang dikembangkan ini sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa: dari kategori sedang (58,75%) menjadi kategori sangat baik (89,93). Dengan demikian, media ini sangat baik dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran public speaking pada mata kuliah Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.072 Sia p |
Keywords: | bahasa Indonesia; media; multimodal digital; public speaking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Mar 2021 09:48 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41416 |