Febrianti, Nur Dwi (2020) Identifikasi Aktivitas Orang Tua Dalam Membantu Perkembangan Keterampilan Sosial–Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Islami Mandiri Kec Percut Sei Tuan Kab Deli Serdang Medan. TA. 2018-2019. Masters thesis, UNIMED.
NIM.8156181020 COVER.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
NIM. 8156181020 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (705kB) | Preview
NIM. 8156181020 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
NIM. 8156181020 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
NIM. 8156181020 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
NIM.8156181020 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
NIM. 8156181020 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
NIM. 8156181020 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
nim. 8156181020 - BAB I.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
NIM.8156181020 - BAB.V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
NIM. 8156181020 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan keterampilan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak Islami Mandiri Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Ta. 2018 – 2019 dan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan orangtua dalam mambantu perkembangan keterampilan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun Di Taman Kanak-Kanak Islami Mandiri Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Ta. 2018 - 2019. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang diambil adalah ayah yang bertugas sebagai kepala rumah tangga dan ibu yang bertugas sebagai ibu rumah tangga Di taman Kanak-Kanak Islami Mandiri sebanyak 5 (lima) kepala keluarga yang berkedudukan sebagai sumber informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perkembangan keterampilan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun Di Taman Kanak-Kanak Islami Mandiri dalam bergaul dengan orang lain dengan cara melakukan kegiatan bersama guru dan teman sekelasnya, mengikuti petunjuk dengan cara menyelesaikan tugas seperti yang diperintahkan, mengidentifikasi dan mengatur orang-orang emosi dan perilaku dengan cara mengekspresikan diri sesuai dengan kondisi emosional yang ditunjukkan, memikirkan solusi yang tepat untuk konflik dengan cara menentukan cara yang tepat jika mengalami kesulitan, bertahan pada tugas dengan cara mengerjakan tugas yang diberikan untuk penyelesaian, erlibat dalam percakapan yang sosial dan koperasi bermain dengan cara mengambil inisiatif untuk mengundang teman-teman untuk berbicara. Dengan kegiatan yang dilakukan orangtua dalam mambantu perkembangan keterampilan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun Di Taman Kanak-Kanak Islami Mandiri dalam mendampingi anak dengan cara menemani anak, menjalin komunikasi baik dengan anak, memberikan kesempataran pada anak, mengawasi anak agar tetap terkontrol, memberikan dorongan atau motivasi anak, mengarahkan anak agar memiliki dan mengembangkan dasar-dasar disiplin diri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Feb k |
Keywords: | aktivitas orangtua; perkembangan keterampilan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Mar 2021 04:54 |
Last Modified: | 08 Mar 2021 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41406 |