PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 102119 NAGARAJA SERDANG BEDAGAI

Simanjuntak, Maria Melfa (2020) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 102119 NAGARAJA SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176182029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176182029 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176182029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176182029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176182029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176182029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176182029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176182029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176182029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176182029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176182029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176182029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 8176182029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 8176182029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 8176182029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 8176182029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa setidaknya menggambarkan tercapainya tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Namun hasil belajar matematika siswa SD Negeri 102119 Nagaraja masih tergolong rendah dengan tingkat motivasi belajar siswa juga rendah sehingga mempengaruhi dalam proses belajar mengajar. Dengan salah satu alternatif yang dapat membantu yaitu menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat memperbaiki hasil belajar maupun motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menelaah Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika; Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Motivasi Belajar Siswa; dan Besar pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 102119 Nagaraja Serdang Bedagai yang berjumlah 54 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar dan angket motivasi. Data dianalisis dengan Uji Analisis Regresi Sederhana. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu Pendekatan Matematika Realistik memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 102119 Nagaraja Serdang Bedagai karena diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00 < 0,05 dengan t hitung 7,158 > t tabel 2,064; Pendekatan Matematika Realistik tidak memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa karena diperoleh nilai Sig. sebesar 0,84 > 0,05 dengan t hitung 0,193 < t tabel 2,064 ; dan Besar pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika 68,1 % dan pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap motivasi belajar 0,2 % sedangkan sisanya sekitar 31,7% dipengaruhi oleh faktor lain selain pendekatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Sim p
Keywords: Pendekatan matematika realistik; Pecahan; Motivasi belajar; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:08
Last Modified: 08 Mar 2021 04:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41401

Actions (login required)

View Item
View Item