Simanjuntak, Maria Melfa (2020) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 102119 NAGARAJA SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176182029 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM. 8176182029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
3. NIM. 8176182029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 8176182029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. NIM. 8176182029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6. NIM. 8176182029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
10. NIM. 8176182029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
11. NIM. 8176182029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa setidaknya menggambarkan tercapainya tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Namun hasil belajar matematika siswa SD Negeri 102119 Nagaraja masih tergolong rendah dengan tingkat motivasi belajar siswa juga rendah sehingga mempengaruhi dalam proses belajar mengajar. Dengan salah satu alternatif yang dapat membantu yaitu menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat memperbaiki hasil belajar maupun motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menelaah Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika; Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Motivasi Belajar Siswa; dan Besar pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 102119 Nagaraja Serdang Bedagai yang berjumlah 54 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar dan angket motivasi. Data dianalisis dengan Uji Analisis Regresi Sederhana. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu Pendekatan Matematika Realistik memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 102119 Nagaraja Serdang Bedagai karena diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00 < 0,05 dengan t hitung 7,158 > t tabel 2,064; Pendekatan Matematika Realistik tidak memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa karena diperoleh nilai Sig. sebesar 0,84 > 0,05 dengan t hitung 0,193 < t tabel 2,064 ; dan Besar pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika 68,1 % dan pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap motivasi belajar 0,2 % sedangkan sisanya sekitar 31,7% dipengaruhi oleh faktor lain selain pendekatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sim p |
Keywords: | Pendekatan matematika realistik; Pecahan; Motivasi belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Mar 2021 04:08 |
Last Modified: | 08 Mar 2021 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41401 |