Ritonga, Novandi Hakim (2020) ANALISIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161131019 COVER.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
2. NIM 4161131019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
3. NIM 4161131019 ABTRACT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. NIM 4161131019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIIM 4161131019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM 4161131019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
13. NIM 4161131019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14. NIM 4161131019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Adobe Flash dengan Problem Solving berbantuan Adobe Flash pada materi laju reaksi di SMAN 6 Padangsidimpuan. Populasi penelitiannya ialah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 6 Padangsidimpuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Sampel yang dipilih yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan model Problem Based Learning berbantuan media Adobe Flash dan kelas XI mia 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan Model Problem Solving berbantuan media Adobe Flash. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test, hasil penelitian ini menunjukkan pada hipotesis 1 dihasilkan nilai signifikansi sebesar 0,00 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Apabila nilai signifikansi < α maka Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Adobe Flash dengan Problem Solving berbantuan Adobe Flash.sedangkan untuk hipotesis 2 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,036 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Apabila nilai signifikansi < α maka Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan terdapat korelasi antara aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan Problem Solving berbantuan media Adobe Flash.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 004 |
Keywords: | Problem based learning; Problem solving; Adobe flash; Laju reaksi; Aktivitas belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Mar 2021 03:51 |
Last Modified: | 08 Mar 2021 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41398 |