Silaban, Andre Heru Saputra (2020) ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DAN XI SMA NEGERI 1 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 BERDASARKAN ASPEK KOGNITIF TAKSONOMI ANDERSON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4162141007 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM 4162141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
3. NIM 4162141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM 4162141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM 4162141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
6. NIM 4162141007 TABLE.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
7. NIM 4162141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
8. NIM 4162141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
9. NIM 4162141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
13. NIM 4162141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
14. NIM 4162141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran berdasarkan aspek kognitif Taksonomi Anderson serta sebaran kompetensi dasar dan indikator pada soal ujian akhir semester ganjil biologi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran biologi kelas X dan XI. Sampel penelitian berjumlah 25 soal pada setiap tingkatan kelasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif survey. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara mengambil soal yang telah terdokumentasi. Data kemudian dianalisis sesuai
dengan kata kerja operasional aspek kognitif Taksonomi Anderson serta dikelompokkan sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator pada silabus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Soal didominasi oleh ranah kognitif level mengingat (C1) dan memahami (C2) dengan persentase kognitif level C1 sebesar 38%, C2 sebesar 34%, C3 sebesar 16%, C4 sebesar 10%, C5 sebesar 2% dan C6 sebesar 0%.(2). Persebaran Kompetensi dasar pada soal belum merata, (3) serta persebaran Indikator pada soal juga belum merata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 014 |
Keywords: | Ujian akhir semester; Analisis butir soal; Taksonomi anderson; Tes hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 09:30 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41354 |