TINDAON, NOVILIIA SAGITA (2020) PENGARUH E-LEARNING QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7143141064 COVER.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
2. NIM. 7143141064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (943kB) | Preview
3. NIM. 7143141064 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
4. NIM. 7143141064 PREFACE.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
5. NIM. 7143141064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
6. NIM. 7143141064 TABLES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM. 7143141064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8. NIM. 7143141064 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
9. NIM. 7143141064 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (947kB) | Preview
13. NIM. 7143141064 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
14. NIM. 7143141064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa
dikelas XI IIS SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran E-Learning
Quipper Schoollebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajar
dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5
Medan pada Semester Genap.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di XI IIS SMA Negeri 5 Medan, Jl. Pelajar
No.17 Teladan Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan
jumlah siswa 72 orang. Sampel yang digunakan, kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol
dan XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas terdiri dari 38
orang. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Tehnik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan berganda yang
berjumlah 20 soal dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat
validitas tes, realibilitas tes. Tehnik analisis data yang digunakan yaituuji normalitas
menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji
hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan thitung>
ttabel pada α = 0,05
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest X =
53,02 ; SD = 11,65 dan postes X = 70,39; SD = 11,17. Sedangkan kelas kontrol pretes
X = 49,60 ; SD = 13,09 dan postest adalah X = 68,15 ; SD = 9,75. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan
hipotesis thitung sebesar 4,680 sedangkan ttabel = 1,708. Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,680 > 1,708 sehingga Ha diterima dan Ho
ditolak.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar
dengan menggunakan media pembelajaran E-Learning Quipper School lebih tinggi
secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran
Konvensional pada siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Learning Quipper School, dan Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 03:30 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41299 |