NINGRUM, ERLITA SURYA (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK BM SWASTA SINAR HUSNI HELVETIA MEDAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7131141034 COVER.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
2. NIM. 7131141034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
3. NIM. 7131141034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (913kB) | Preview
4. NIM. 7131141034 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
5. NIM. 7131141034 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
6. NIM. 7131141034 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
7. NIM. 7131141034 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
8. NIM. 7131141034 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
9. NIM. 7131141034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7131141034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
14. NIM. 7131141034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelituan ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasu belajar mata pelajaran kewirausahaan SMK Swasta Sinar Husni Helvetia Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian inu adalah penelitian ekspos facto.
Populasi dalam penelitian inu adalah seluruh siswa kelas XI AP yang berjumlah 170 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang dengan teknik simple random sampling yang berarti sebagian dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket dan dokumentasi hasil nilai ujian semester genap. Uji validitas untuk butir angket menggunakan regresi linear berganda, uji reliabilitas dihitung dengan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linaer berganda, uji t dan uji f.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 22, diperoleh persamaan regresi linaer berganda Y = 21,480 + 0.479X1 + 0,378X2. Variabel motivasi belajar (X1) memiliki pengaruh yang positif dan siginifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (4.032 > 1.668) and sig < 0,005 (0.00 < 0,05). Sementara disiplin belajar (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (3.082 > 1.668) and sig < 0.05 (0.03 < 0.05). Secara bersama-sama motivasi belajar dan disipin belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai fhitung > ftabel (35,198 > 3.13) and sig < 0.05 (0.00 < 0.05. Presentase sumbangan yang diberikan variabel motivasi belajar siswa dan disiolin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 51%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dan disiplin belajar siswa terhadap presasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan SMK Swasta Sinar Husni Helvetia Medan T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar Siswa, Disiplin Belajar Siswa Dan Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 02:19 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41279 |