LUMBAN GAOL, ERWIN EFENDI (2020) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 DELI TUA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7162141010 COVER.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2. NIM. 7162141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
3. NIM. 7162141010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
4. NIM. 7162141010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
5. NIM. 7162141010 TABLE OF CONTETN.pdf - Published Version
Download (770kB) | Preview
6. NIM. 7162141010 TABLES.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
7. NIM. 7162141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
8. NIM. 7162141010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM. 7162141010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7162141010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
14. NIM. 7162141010 BIBLIOGRPHY.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Deli Tua Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 orang , pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling dengan cara acak. Penelitian ini adalah penelitian Expos Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan observasi, angket/kuisioner dan dokumentasi.Teknik analisis data penelitian adalah regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dan uji F.
Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 36,234 + 0,270 X1 + 0,318 X2 + e. Selanjutnya Berdasarkan hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa variabel Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional
Guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS yang ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel (4,545 >1,667) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan variabel Disiplin Belajar Siswa (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS dengan nilai thitung > ttabel (6,071>1,667) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan dari uji hipotesis secara simultan (uji F) diperoleh hasil bahwa Persepsi Siswa Tentang Kompetensi
Profesional Guru (X1) dan Disiplin Belajar Siswa (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS dengan nilai fhitung > ftabel (82,045 > 3,13) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,704 sama dengan 70,4% yang artinya sebesar 70,4% prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Deli Tua dapat dijelaskan melalui Kompetensi Profesional Guru dan Disiplin Belajar Siswa. Sedangkan sisanya sebesar 29,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru, Disiplin Belajar Siswa, dan Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN448 Economic organization. Economic anthropology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 07:25 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41183 |