SITANGGANG, NELLY RUSPITA (2020) PENGARUH PROFESIONALISME KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU SERTA SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 BANDAR T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163341031 COVER.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2. NIM. 7163341031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (908kB) | Preview
3. NIM. 7163341031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
4. NIM. 7163341031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
5. NIM. 7163341031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (735kB) | Preview
6. NIM. 7163341031 TABLES.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
7. NIM. 7163341031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
8. NIM. 7163341031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
9. NIM. 7163341031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7163341031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
14. NIM. 7163341031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (692kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar SMA Negeri 1 Bandar. Penelitian ini bertujuan (1)Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bandar T.A 2019/2020 (2)Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bandar T.A 2019/2020 (3)Untuk mengetahui pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bandar T.A 2019/2020 (4)Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru serta sumber belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bandar T.A 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bandar. Populasi berjumlah 180 siswa dan sampel berjumlah 72 siswa yang diambil secara sampel random. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan SPSS Statistics 25 dengan analisis regresi.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan SPSS 25.0, untuk variabel profesionalisme kepemimpinan kepala sekolah (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung>ttabel (10,928>1,667) dan hasil yang diperoleh untuk kompetensi guru (X2) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung>ttabel (10,928>1,667) serta hasil yang diperoleh untuk sumber belajar (X3) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung>ttabel (18,997>1,667). Untuk menguji hipotesis secara simultan menggunakan uji F dengan taraf signifikansi 95% diperoleh nilai Fhitung>Ftabel (174,028>2,74). Pada perhitungan regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y= 0,326 + 0,289X1 + 0,257X2 + 0,435X3. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien sebesar 88,5% menunjukkan bahwa profesionalisme kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru serta sumber belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 88,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru serta sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bandar T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Sumber Belajar, dan Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 02:55 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41181 |