HUTABARAT, AYU LESTARI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII MATA PELAJARAN AKUNTANSI SMA NEGERI 1 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163342006 COVER.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
2. NIM 7163342006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (826kB) | Preview
3. NIM 7163342006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
4. NIM 7163342006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
5. NIM 7163342006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
6. NIM 7163342006 TABLES.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
7. NIM 7163342006 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
8. NIM 7163342006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
9. NIM 7163342006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7163342006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
14. NIM 7163342006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mara pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving di
kelas XII Akuntansi SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kisaran yang beralamat di Jalan Madong Lubis No. 5, Kisaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII-IPS 2 yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data terdiri dari analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 63,33% siswa yang memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 74,67 akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II yaitu 86,67% siswa yang memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 86,33, yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti pada siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh hasil 53,34% siswa masuk dalam kategori aktif dan siklus II diperoleh hasil 86,67% siswa dalam siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = 30-1 = 29 pada ∝= 0,05. Dari hitungan menunjukkan thitung = 6,97 dan ttabel = 2,04. Sehingga thitung > ttabel (6,97 > 2,04). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha = X > Y diterima dan H0 = X = Y ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Creative Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS-2 SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 01:20 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 01:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41171 |