GINTING, HAFIZAH NUR (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING DENGAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163342015 COVER.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
2. NIM 7163342015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (730kB) | Preview
3. NIM 7163342015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. NIM 7163342015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
5. NIM 7163342015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
6. NIM 7163342015 TABLES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM 7163342015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
8. NIM 7163342015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM 7163342015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7163342015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
14. NIM 7163342015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar akuntansi keuangan siswa kelas XII Akuntansi SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan dengan menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning dengan Media Flipchart lebih tinggi dibandingkan metode pembelajaran Ekspository dengan media Flipchart pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini memiliki jumlah populasi terdiri dari 2 kelas berjumlah 69 siswa yang diambil secara acak menjadi 2 kelas dan sampel 60 orang yang terdiri dari 30 siswa pada kelas Eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes dengan 5 pilihan (options). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis.
Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Accelerated Learning dengan media Flipchart (x = 81.83 dan SD = 8.457) lebih tinggi dari pada yang diajarkan dengan metode pembelajaran Ekspository dengan media Flipchart (x = 74.67 dan SD = 8.126). Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan Independent sample test (uji t) Fhitung 4.289 < Ftabel 3.15 dengan nilai signifikan 0.007<0.05.
Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan siswa dengan menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning dengan Media Flipchart lebih tinggi secara signifikan dibandingkan metode pembelajaran Ekspository dengan media Flipchart pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Accelerated Learning, Metode Pembelajaran Ekspository, Media Pembelajaran Flipchart, Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 01:34 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 01:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41169 |