Aritonang, Marni (2013) INTEGRASI STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN MINYAK BUMI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116142012 Judul.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. 8116142012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
3. 8116142012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4. 8116142012 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. 8116142012 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6. 8116142012 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. 8116142012 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. 8116142012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 8116142012 Bab I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
10. 8116142012 Bab V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
11. 8116142012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran dalam upaya membentuk sikap kemandirian dan kerja keras serta meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian seluruh kelas X SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian seluruh siswa kelas X terdiri dari empat kelas eksperimen diambil secara acak dari populasi yang ada. Sebelum dilakukan perlakuan terlebih dahulu dilakukan pretest. Soal pretest dan posttest yang dipakai merupakan soal yang telah valid dan reliable (0,820). Hasil belajar siswa diukur dengan instrumen hasil belajar dengan menggunakan gain. Pengukuran terbentuknya sikap kemandirian dan kerja keras siswa digunakan lembar observasi yang telah divalidkan. Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hipotesis diuji dengan dengan menggunakan General Linear Model Multivariate dengan program SPSS versi-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap terbentuknya sikap kemandirian siswa (sig. 0,832). (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap terbentuknya sikap kerja keras siswa (sig. 0,225). (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa (sig. 0,233). (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran terhadap terbentuknya sikap kemandirian (sig. sig.0,293) dan kerja keras siswa (sig.0,485). (5) Terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa (sig. 0,000). (6) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan media pembelajaran terhadap terbentuknya sikap kemandirian siswa (sig. 0,000), kerja keras siswa (0,000) dan peningkatan hasil belajar siswa (sig. 0,000), (9) Model pembelajaran yang paling optimal yang dapat membentuk sikap kemandirian dan sikap kerja keras siswa adalah pembelajaran dengan strategi pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan multimedia, (10) Model pembelajaran yang paling optimal yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah pembelajaran dengan strategi pembelajaran berbasis masalah diintegrasikan dengan mind map.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Ari i |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Pemecahan masalah; Pembelajaran inkuiri; Media pembelajaran; Peta konsep; Multimedia; Karakter |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 22:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4116 |