Mardhiah, Ainun (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU TERHADAP KEJUJURAN DAN KERJA KERAS SERTA HASIL BELAJAR KIMIA ASAM BASA DENGAN PEMBELAJARAN YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN PRAKTIKUM PADA SISWA KELAS XI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116142002 Judul.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. 8116142002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 8116142002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. 8116142002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
5. 8116142002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. 8116142002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7. 8116142002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. 8116142002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. 8116142002 Bab I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
10. 8116142002 Bab V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
11. 8116142002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan media kartu yang dikombinasikan dengan praktikum, media kartu tanpa praktikum dan model pembelajaran langsung (DI); (2) Perbedaan sikap kejujuran dan kerja keras siswa yang diajar dengan media kartu yang dikombinasikan dengan praktikum, media kartu tanpa praktikum dan model pembelajaran langsung (DI); (3) Hubungan karakter kejujuran dan kerja keras dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan media kartu yang dikombinasikan dengan praktikum, media kartu tanpa praktikum dan model pembelajaran langsung (DI). Populasi dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas eksperimen. Sebelum dilakukan perlakuan terlebih dahulu dilakukan pretest. Soal pretest yang dipakai merupakan soal yang telah divalidasi, memiliki daya beda serta reliabilitas yang tinggi (r11 = 0,831). Nilai pretest diuji normalitas dan homogenitasnya dengan program SPSS-19 dan diperoleh harga sig. > 0,05 (normal dan homogen). Hasil belajar siswa diukur dengan instrument test hasil belajar dengan menggunakan gain ternormalisasi, sedangkan pengukuran sikap kejujuran dan kerja keras siswa digunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Anava satu jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hipotesis diuji dengan menggunakan General Linear Model Univariate dengan program SPSS-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat Perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan media kartu yang dikombinasikan dengan praktikum, media kartu tanpa praktikum dan model pembelajaran langsung (DI); (2) Terdapat perbedaan sikap kejujuran dan kerja keras yang signifikan antara siswa yang diajar dengan media kartu yang dikombinasikan dengan praktikum, media kartu tanpa praktikum dan model pembelajaran langsung (DI); (3) Terdapat Hubungan karakter kejujuran dan kerja keras dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan media kartu yang dikombinasikan dengan praktikum, media kartu tanpa praktikum dan model pembelajaran langsung (DI).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.071 Mar p |
Keywords: | Asam basa; Direct instruction; Pendidikan karakter; Media kartu; Pembelajaran kooperatif; Kerja keras; Kejujuran; Praktikum; Problem based learning |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 21:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4114 |