Purba, Dina Fernata (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA DAN PRAKTIKUM MELALUI STRATEGEI LEARNING CYCLE TERHADAP KARAKTER DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116142005 Judul.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. 8116142005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3. 8116142005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. 8116142005 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. 8116142005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. 8116142005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. 8116142005 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. 8116142005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. 8116142005 Bab I.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
10. 8116142005 Bab V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
11. 8116142005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi Learning Cycle dengan menggunakan multimedia dan praktikum terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. (2) apakah terdapat hubungan antara kreatifitas belajar melalui strategi Learning Cycle yang menggunakan multimedia terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. (3) apakah terdapat hubungan antara kemandirian belajar melalui strategi Learning Cycle yang menggunakan multimedia terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. (4) Mengetahui apakah terdapat hubungan antara kreatifitas belajar melalui strategi Learning Cycle dengan praktikum terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. (5) Mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemandirian belajar melalui strategi Learning Cycle dengan praktikum terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas XI Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013, dan sampel berasal dari SMA Negeri 1 Siantar berjumlah dua kelas sebanyak 79 siswa, kelas pertama sebagai kelas eksperiment 1 (Learning Cycle + Multimedia) kelas kedua sebagai kelas eksperiment 2 (Learning Cycle + Praktikum). Teknik analisis data yang dilakukan dengan Uji Independent T-Test dan uji korelasi pada taraf signifikansi 0,05. Uji persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk uji normalitas dan uji Chi-Squere untuk uji homogenitas. Reliabilitas tes hasil belajar (pada Reability statistik) = 0,827, ternyata lebih besar dari rtabel = 0,312, maka tes yang diuji cobakan reliabel. Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa: 1)Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa SMA yang diajarkan melalui strategi Learning Cycle menggunakan multimedia dengan yang diajarkan melalui strategi Learning Cycle dengan praktikum; 2)Tidak terdapat hubungan antara kreatifitas belajar melalui strategi Learning Cycle yang menggunakan multimedia terhadap hasil belajar kimia siswa SMA; 3) Tidak terdapat hubungan antara kemandirian belajar melalui strategi Learning Cycle yang menggunakan multimedia terhadap hasil belajar kimia siswa SMA; 4) Terdapat hubungan antara kreatifitas belajar melalui strategi Learning Cycle dengan praktikum terhadap hasil belajar kimia siswa SMA; 5) Terdapat hubungan antara kemandirian belajar melalui strategi Learning Cycle dengan praktikum terhadap hasil belajar kimia siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.342 71 Pur p |
Keywords: | Media pengajaran; Learning cycle; Pendidikan karakter; Mind mapping; Multimedia; Kelarutan |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 20:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4111 |