SETIADI, ARNOLD (2020) PENGARUH ALOKASI ANGGARAN PENDIDIKAN DAN BANTUAN PEMERINTAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KABUPATEN DAN KOTA DI SUMATERA UTARA). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01.7151220003.COVER.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
02.7151220003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
03.7151220003.ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
04.7151220003.PREFACE.pdf - Published Version
Download (899kB) | Preview
05.7151220003.TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
06.7151220003.TABLE.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
07.7151220003.ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
08.7151220003.APPENDICES.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
09.7151220003.CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13.7151220003.CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
14.7151220003.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah alokasi anggaran Pendidikan dan bantuan pemerintah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di kabupaten dan kota di sumatera utara. Jika anggaran pendidikan di kabupaten dan kota adalah rendah dan dana bantuan pemerintah rendah maka prestasi belajar siswa di kabupaten atau kota tersebut tidak akan meningkat dan bahkan akan terjadi penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alokasi anggaran pendidikan dan bantuan pemerintah terhadap prestasi belajar siswa menengah atas di Kabupaten dan Kota Provinsi Sumatera Utara.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Sumatera Utara yang terdaftar di Neraca Pendidikan Daerah tahun 2018.
Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu sebanyak 33 kabupaten dan kota, dengan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu neraca Pendidikan yang diperoleh dari https://npd.kemdikbud.go.id. Variabel independen yang digunakan yaitu alokasi anggaran pendidikan yang diproksikan dengan persentase anggaran pendidikan daerah terhadap anggaran belanja dan pendapatan daerah (APBD) dan Bantuan Pemerintah yang di proksikan dengan jumlah
dana Bantuan Pemerintah dibagi Jumlah Siswa perkabupaten dan kota. Variabel dependen yaitu Prestasi Belajar Siswa yang diproksikan dengan nilai Ujian Nasional.
Penelitian ini menggunakan Teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat uji statistik SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian ini secara parsial dan simultan menunjukkan bahwa variabel alokasi anggaran pendidikan dan bantuan pemerintah tidak berpengaruh
terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi alokasi anggaran pendidikan secara parsial (Uji t) sebesar 0.947 atau lebih besar dari 0,05. Nilai signifikansi bantuan pemerintah secara parsial (Uji t) sebesar 0,460 atau lebih besar dari 0,05. Kemudian nilai signifikansi secara simultan (Uji F) sebesar 0,663 yaitu diatas 0,05.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa alokasi anggaran pendidikan dan bantuan pemerintah tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial maupun secara simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Prestasi Belajar Siswa, Alokasi Anggaran Pendidikan dan Bantuan Pemerintah |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2005 Income and expenditure. Budget |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 08:45 |
Last Modified: | 22 Jan 2021 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41101 |