Handayani, Tut Wuri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL THINKING SISWA DI SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176172054 COVER.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
2. NIM 8176172054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8176172054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (731kB) | Preview
4. NIM 8176172054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 8176172054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 8176172054 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
7. NIM 8176172054 TABLES.pdf - Published Version
Download (731kB) | Preview
8. NIM 8176172054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
12. NIM 8176172054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8176172054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. NIM 8176172054 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang dikembangkan; 2) Peningkatan kemampuan visual thinking siswa yang diberi pembelajaran berbasis model penemuan terbimbing dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap mengujicobakan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang dikembangkan dikelas VIII-3 SMP Negeri 2 Tanjung Morawa. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh : 1) validitas mediapembelajaran yang dikembangkan valid, kepraktisan media pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari : a) kevalidan media pembelajaran menurut para ahli; b) Angket uji kepraktisan media pembelajaran matematika yang dikembangkan tergolong dalam kategori praktis dengan nilai uji kepraktisan minimal 76% dan keefektivan media pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari : a)ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) Respon siswa terhadap media pembelajaran matematika positif; c) penggunaan waktu ideal. Dan 2) terjadi peningkatan kemampuan visual thinking siswa pada uji coba I yaitu 68,89 meningkat menjadi 73,61 pada uji coba II serta terjadi 3) Skor rata-rata tiap indikator kemampuan visual thinking juga meningkat dari uji coba I ke uji coba II dimana indikator pertama yaitu melukis terjadi peningkatan sebanyak 4 point, lalu diikuti dengan indikator kedua mengidentifikasi terjadi peningkatan sebesar 3 point, indikator ketiga yakni penjelasan terjadi peningkatan sebesar 4 point, lalu pada indikator merepresentasikan naik sebesar 2 point, serta pada indikator kelima yakni mengoperasikan naik sebesar 1 point.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Han p |
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran Matematika, Macromedia Flash, Kemampuan Visual Thinking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 04:15 |
Last Modified: | 17 May 2021 19:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41085 |