Sidabalok, Butet Friska Herniwati (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI IPA-BIOLOGI SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116174001 Judul.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. 8116174001 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
3. 8116174001 Abstrak.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. 8116174001 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. 8116174001 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
6. 8116174001 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 8116174001 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. 8116174001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 8116174001 Bab I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
10. 8116174001 Bab V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
11. 8116174001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar IPA-Biologi siswa; (2) Pengaruh yang signifikan kreativitas terhadap hasil belajar IPA-Biologi siswa ; (3) Interaksi yang signifikan model pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar IPA-Biologi siswa; (4) Pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap daya ingat (retensi) IPABiologi siswa ; (5) Pengaruh yang signifikan kreativitas terhadap daya ingat (retensi) IPA-Biologi siswa ; (6) Interaksi yang signifikan model pembelajaran dan kreativitas terhadap daya ingat (retensi) siswa.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Siantar yang berjumlah 8 kelas sebanyak 250 siswa. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 4 kelas. Teknik pengambalian sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel kelompok secara acak (Cluster random sampling). Instumen pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dan tes daya ingat (retensi) siswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 39 soal dan observasi kreativitas siswa oleh observer yang dilakukan oleh guru IPA-Biologi di kelas perlakuan. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan Anava dua jalur pada taraf sigifikan α = 0,05.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar IPA-Biologi dengan F = 35,795 ; P = 0,000; (2) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas terhadap hasil belajar IPA-Biologi dengan F = 59,397 ; P = 0,000; (3) terdapat interaksi model pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar IPA-Biologi dengan F = 7,028 ; P= 0,010; (4) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap daya ingat (retensi) IPA Biologi siswa dengan F = 17,037 ; P = 0,000 ; (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas terhadap daya ingat (retensi) IPA-Biologi siswa dengan F= 78,473; P = 0,000; (6) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap daya ingat (retensi) IPA-Biologi siswa F= 0,896 ; P= 0,347.Hasil analisis data menyimpulkan bahwa model pembelajaran quantum akan meningkatkan hasil belajar dan daya ingat (retensi) IPA-Biologi siswa dibandingkan dengan model tradisional. Siswa yang memiliki kreativitas tinggi memiliki hasil belajar dan daya ingat (retensi) IPA-Biologi siswa yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki kreativitas rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Sid p |
Keywords: | Pembelajaran tradisional; Daya ingat; Model pembelajaran; Pembelajaran quantum; Retensi; Kreativitas |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 19:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4107 |