Margareth, Irmayanti (2020) Implementasi Vokal Sebagai Media Terapi Pada Autisme Di Slb-E Negeri Pembina Tingkat Provinsi. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2133340052 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 2133340052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
3. NIM. 2133340052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM. 2133340052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 2133340052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 2133340052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
10. NIM. 2133340052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
11. NIM. 2133340052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi
vocal sebagai media terapi pada autisme di SLB-E Negeri Pembina Tingkat
Provinsi. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan fungsi Implementasi vocal
sebagai media terapi pada autisme di SLB-E Negeri Pembina Tingkat Provinsi.
Untuk mengetahui hasil implementasi vokal dalam sebagai media terapi pada
anak autisme di SLB-E Negeri Pembina Tingkat Provinsi. Teori yang dipakai
dalam penelitian ini adalah Teori Implementasi, Teori Musik Vokal, Teori Media
Terapi, Teori Autisme. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melakukan
observasi terhadap objek yang diteliti, kemudian melakukan wawancara dan
mendokumentasikannya.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka
diketahui bahwa dalam mengimplementasikan vokal tidak dapat dilakukan hanya
dengan sekali saja, dibutuhkan layanan secara individul dan dilakukan dengan
cara yang sesuai dengan keinginan (mood) dari setiap anak. Implementasi vokal
dapat memberikan bekal bagi anak autisme dimasa yang akan datang,
Implementasi vokal dilakukan dengan metode cermah, demonstrasi, praktik dan
pengulangan secara mandiri. Cara guru mengevaluasi hasil implemntasi vokal
sebagai media terapi pada anak autis adalah dengan mengoreksi setiap siswa saat
mereka latihan dan bernyanyi didepan kelas dengan tujuan memperoleh gambaran
sejauh mana proses terapi sudah berlangsung dan perubahan pada anak autis yang
diberikan terapi. Implementasi vokal pada anak autis di SLB E Pembina Tingkat
Provinsi ditemukan beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dan juga siswa
seperti sikap siswa yang sulit untuk kita kendalikan, kemempuan inteligensi anak
yang berbeda beda, ruang musik yang masih perlu penambahan instrumen, serta
motivasi dan dukungan orang tua yang berbeda beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi vokal; media terapi; autisme |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1375 Instrumental music for children M Music and Books on Music > M Music > M1495 Vocal music M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 02:39 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40903 |