PURBA, SHEYLA ANITA MO VAN (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 1 BARUS TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163141032 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 7163141021 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
3. NIM. 7163141032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM. 7163141032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 7163141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM. 7163141032 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 7163141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7163141032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7163141032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
13. NIM. 7163141032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 7163141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa dan kondisi lingkungan sekolah siswa yang kurang mendukung prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Barus T.A.2019/2020. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa dan kondisi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Barus T.A. 2019/2020.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 barus T.A. 2019/2020 yang berjumlah 105 siswa kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling sebanyak 83 siswa. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2), uji “t” secara parsial dan uji “F” secara simultan.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS versi 20 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y= 19,809 + 0,516 X1 + 0,331 X2 Selanjutnya variabel motivasi belajar (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung>ttabel (780>1,998) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Kemudian variabel lingkungan sekolah (X2) memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung >ttabel (3,065>1,989 ) serta nilai Sig 0,000 lebih kecil dari nilai α (0,0003 < 0,05).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar dan Lingkungan sekolah siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Barus T.A. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar,Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 01:38 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40877 |