SIANTURI, RISMARWYTA REZEKY (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01. NIM. 7163141031 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
02. NIM. 7163141031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03. NIM. 7163141031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
04. NIM. 7163141031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
05. NIM. 7163141031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
06. NIM. 7163141031 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
07. NIM. 7163141031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
08. NIM. 7163141031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
09. NIM. 7163141031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
13. NIM. 7163141031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
14. NIM. 7163141031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) pengaruh kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitiaan ini sebanyak 84 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling.
Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, guna untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung > ttabel = (3,090 > 1,663), (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai nilai thitung > ttabel (4,491 > 1,663), (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung > Ftabel (28,848 > 3,11) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil regresi linear berganda Y = 8,561 + 0,341X1 + 0,430X2 + e. Hasil uji R2, sebesar 0,559 atau 55,9%, sedangkan sisanya sebesar 44,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
terdapat dalam model yang diteliti.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signidikan antara kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Prestasi Belajar, Kemandirian Belajar, Fasilitas Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 01:41 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40876 |