MAGDALENA, RAPHITA (2020) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 6 PEMATANG SIANTAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163341034 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 7163341034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM. 7163341034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. NIM. 7163341034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 7163341034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 7163341034 TABLES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM. 7163341034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 7163341034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 7163341034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. NIM. 7163341034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM. 7163341034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini dalah apakah ada pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 PematangSiantar Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan Fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 PematangSiantar Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 PematangSiantar. Jln. Sitalasari. Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 139 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu 104 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu acak.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan SPSS 20.0, untuk variabel kompetensi guru (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (5,125> 1,666) dan hasil yang diperoleh untuk fasilitas belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (7,571> 1,666). Untuk menguji hipotesis secara simultan menggunakan uji F dengan taraf signifikansi 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (52,297> 3,09). Pada perhitungan regresi linear berganda diperoleh persamaan
regresi Y = 19,646 + 0,332 X1 + 0,452X2. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien sebesar 50,9% menunjukkan bahwa kompetensi guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 50,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 PematangSiantar T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 01:36 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 01:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40875 |